Thursday, February 21, 2019

Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah
Ia adalah surat makiyyah dan termasuk surat al matsani (yang dibaca berulang-ulang), jumlah ayatnya 7 ayat termasuk “Bismillaahirrahmaanirrahiim”, surat yang pertama sesuai dengan nomor urutan yang ada di dalam mushaf.

    Diturunkan setelah surat Al Muddatstsir. Surat ini dimulai dengan salah satu gaya bahasa yang mengandung arti pujian, yaitu “Al Hamdulillah” di dalam surat ini tidak disebutkan lafad dzul jalalah kecuali satu kali saja.

Sebab penamaan : disebut surat Al Fatihah karena Al qur’an dimulai dengannya. Dan disebut ummul kitab, karena surat ini mengandung semua pokok-pokok ajaran islam. Surat ini dinamakan juga dengan As sab’ul Matsaanii, asy syaafiyah, al waafiyah, al kaafiyah, al asaasii dan al hamdu.

Kandungan yang ada di dalam surat ini:
surat ini mengandung pembahasan seputar pokok-pokok agama dan cabang-cabangnya, aqidah, ibadah, beberapa syari’at, keyakinan terhadap hari kiamat, iman kepada sifat-sifat Allah yang baik, mengesakan-Nya dengan ibadah, pengabulan do’a, berdo’a, kembali kepada-Nya dengan minta petunjuk kepada jalan yang benar dan lurus, merendahkankan diri kepada-Nya dengan minta ditetapkan dalam keimanan dan menempuh jalan orang-orang yang shalih serta menjauhi jalan orang-orang yang dimurkai dan sesat.
Surat ini juga mengandung berita umat-umat terdahulu dan membahas tentang tempat persinggahan terakhir bagi orang-orang yang bahagia dan tempat akhir bagi orang-orang yang celaka, juga mengandung beribadah dengan perintah Allah subhaanahu wata’aala.

Keutamaan surat ini, adalah sebagaimana diriwayatkan oleh imam ahmad di dalam musnadnya, bahwa sahabat ubay bin ka’ab membaca surat al fatihah di hadapan Nabi shallallaahu’alaihi wa sallam, maka beliau shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda: “Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, tidaklah diturunkan kepada taurat, injil, zabur dan Al-furqan yang serupa dengannya. Ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al qur’an yang agung yang aku diberikannya”. Hadits ini menunjukkan arti akan firman Allah yang ada di dalam surat al hijr.

Walloohu A'laam.

No comments:

Post a Comment